Al- Ikhlas: kecil tapi BESAR

Leave a comment

March 29, 2014 by Keikoalkayyisah


Bism AllahIkhlas
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.
1. Katakanlah:”Dia-lah Allah, Yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-NYA segala sesuatu.
3. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.
4. dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.
Al – Ikhlas: 1- 4
Surah ini merupakan salah satu surah pendek namun nilai dari surah ini sebanding dengan sepertiga Al Qur’an, sebagaimana sebuah hadis sahih riwayat Imam Bukhari.
“Telah diceritakan kepadanya oleh Ismail, dari Malik, dari Abdur Rahman bin Abdullah bin Abdur Rahman bin Abu Sha’sha’ah, dari Ayahnya, dari Abu Sa’d, bahwa seorang laki – laki mendengar seorang laki – laki lain membaca “Qulhuwallahuahad” berulang – ulang. Pada keesokkan harinya ia datang kepada Nabi saw. melaporkan hal tersebut, seolah – olah ia mempermasalahkan hal tersebut, kemudian bersabdalah Nabi, “Demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, sesungguhnya surah ini sebanding dengan sepertiga Al Qur’an “.
Kemudian, apa yang membuat surah ini bernilai sepertiga Al Qur’an? Mari kita tilik makna yang terkandung dalam surah ini.
Imam Syahid Sayyid Quthb menguraikan dalam bukunya Tafsir Fi Zhilalil Qur’an:
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ, “Dia lah Allah Yang Maha Esa”, adalah akidah bagi hati, penafsiran bagi wujud semesta, dan manhaj (aturan) bagi kehidupan. ini adalah lafal yang halus daripada kata “Ahad”, karena ia menyandarkan pada makna “wahid” bahwa tidak ada sesuatu pun selain Dia bersama Dia dan bahwa tidak ada sesuatu pun yang sama dengan Dia. ini adalah keesaan wujud, bahwa tidak ada wujud yang hakiki kecuali wujud-NYA. ini adalah keesaan pelaku, tidak ada selain Dia sebagai pelaku yang hakiki terhadap sesuatu.
apa bila sudah mantap tashawwur yang tidak melihat di alam wujud selain hakikat Allah, yaitu tidak melihat sesuatu di alam ini kecuali Allah. karena itu, Al Qur’an menjauhkan sebab – sebab lahir dan menghubungkan semua urusan secara lagsung kepada kehendak Allah,
Dan (yang sebenarnya) bukan kamu yang melempar ketika kamu yang melempar, tetapi Allahlah yang melempar.” (Al Anfaal: 17)
” Tiada pertolongan kecuali dari sisi Allah.” (Ali Imran; 126)
” Kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan ini) kecuali apabila dikehendaki Allah.” (at Takwiir: 29)
Dengan semua sebab lahiriah dan mengembalikan segala urusan kepada kehendak Allah, maka akan tercurahlah ketentraman di dalam hati.
dari sini lahirlah manhaj (aturan) kehidupan yang sempurna,
1. manhaj untuk beribadah hanya kepada Allah
2. manhaj untuk mengarah dan menuju hanya kepada Allah di dalam takut dan berharap, kesenangan dan kesulitan, kebahagiaan dan penderitaan.
3. manhaj untuk menerima hanya dari Allah, yaitu menerima akidah, tashawwur “pandangan hidup”, tata nilai, norma – norma, syariat, undang – undang, peraturan, adab dan tradisi.
4. manhaj untuk bergerak dan beramal hanya karena Allah
5. manhaj yang menghubungkan hati manusia dengan segala maujud dengan hubungan cinta, kasih sayang, lemah lembut, dan saling merespon.
nah, bentuk tauhid dalam akidah islam ialah kedalamanya untuk menjadi fondasi kehidupan secara total.
اللَّهُ الصَّمَدُ, makna kalimat ini bahwa hanya Dia lah satu – satu nya yang dituju untuk memenuhi segala hajat mahluk.
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ
“Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan”, maka hakikat Allah itu tetap, abadi, azali. Sifat Allah adalah esa, tunggal jadi kelahiran atau memiliki anak adalah mustahil.
وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ
“Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”, tidak ada yang sebanding dan setara dengan Dia, baik dalam wujud, efektivitasnya, dan sifatnya.
Setelah kesemuanya, pada dasarnya surah ini memantapkan akidah tauhid islam, sebagaimana surah al kaafiruun meniadakan bentuk keserupaan dan pertemuan antara akidah tauhid dan akidah syirik.
Rasulullah saw. biasa membuka hari barunya dengan melakukan shalat fajar (qabliah subuh) dengan membaca dua surah ini yaitu al kaafiruun dan al ikhlas. pembukaan hari dengan bacaan tersebut memiliki makna dan tujuan tertentu.*semoga bermanfaat, dan semoga kita senantiasa menjaga akidah keislaman kita.
DSC05803
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

March 2014
M T W T F S S
« Dec   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Terpopuler

Arsip

Anda pengunjung ke-

  • 25,383 hits

Friend

Ngobrol

The Big DayAugust 1st, 2012
Semangat Ramadhan!!! Bentar lage Milad. Bagaimanakah memaknai bertambahnya umur?

Black Orchid and The Death

var nulisbukwidgetid="black-orchid-the-death";http://nulisbuku.com/application/assets/js/widget/mainwidget.js

%d bloggers like this: