Diriku bukan Miliku Semata

1

January 12, 2013 by Keikoalkayyisah


Bismillahirrahmannirrahimi. . .

 

            Sepertinya setelah begitu lama berkecimpung dalam dunia organisasi saya mulai merasakan suatu hal yang berbeda pada diri saya. Lama mencari perbedaan itu, ketika diri ini lelah terlintas dalam benak, oh saya baru tau apa yang membuat saya beda, saya merasa tiada memiliki hak lagi atas diri saya. Saya merasa banyak yang harus dilakukan untuk kebaikan orang banyak, jadi perlahan – perlahan saya mulai menyingkirkan keinginan – keinginan pribadi.

            Semakin dalam saya berjalan, hal itu semakin terasa. Al hasil kemaren saat berkumpul dengan kawan – kawan dalam forum kajian saya mendapatkan satu ayat yang artinya seperti ini,

            Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.. .”

Entah apa yang harus saya katakan, karena apabila dimaknai secara mendalam, berarti kita semagai muslim memiliki tugas yang cukup berat. Coba cerna kata – kata ini “yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar”, berarti jauh sebelum kita lahir Allah SWT telah memberikan tugas kepada kita sebagai seorang da’I atau penyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada yang buruk, dan sasaran kita luas yaitu seluruh manusia yang ada.

            Dalam buku tafsir Fi Zhilalil Qur’an karangan syekh Sayyid Quthb dijelaskan bahwa ini adalah tugas utama yang harus dilakukan untuk menegakkan masyarakat yang saleh dan memeliharanya, dan untuk mewujudkan potret kehidupan yang dicintai oleh Allah.

            Namun, kemudian Allah tidak serta merta memberikan kepada kita tugas saja, tapi Allah juga memberikan kita bekal, memberikan kita solusi “apa sich yang harus kita miliki sebagai pemegang amanah ini?”

            “. . .dan beriman kepada Allah. . .”

Yah, kita harus memiliki iman, hal ini sebagai timbangan yang benar terhadap tata nilai, dan untuk mengetahui dengan benar mengenai yang ma’ruf dan yang munkar.

            Sudah kodratnya ketika seseorang akan menyeru kepada kebaikkan maka harus memiliki kebaikan dalam diri, dan memiliki pengetahuan yang luas, serta prinsip hidup yang jelas. Maka, sebagai umat yang dilahirkan untuk manusia kita senantiasa untuk memperbaiki diri kita, kita kembalikan semuanya kepada ilmu Allah.

            Tujuan dari memperbaiki diri ini adalah agar kita sebagai khairu ummah menjadi sebenarnya umat terbaik, yaitu umat yang pribadi – pribadinya selalu menerapkan syariat Islam dalam kehidupannya, yang pribidinya merupak pribadi yang islami.

            Untuk semua hal itu tidak bisa dengan serta merta kita dapatkan, melainkan harus melalui proses yang namanya tarbiyah atau pembinaan. Tujuan dari pembinaan telah tersebut diatas yaitu keluaran orang – orang yang tertarbiyah mampu menerapkan syariat islam, memiliki kepribadian yang islami, dan mampu membentuk generasi islami, masyarakat dan peradaban yang ideal. Pembinaan dapat kita lakukan dengan pembinaan secara mandiri dan melalui forum – forum.

            Dari uraian diatas dapat saya tarik kesimpulan bahwa diri kita bukan semata milik kita, kita memiliki tugas untuk menyeru pada yang ma’ruf dan mencegah pada yang munkar kapada manusia di bumi ini. Sehingga ada hak orang lain atas diri kita. Maka, ada baiknya kita memenuhi hak orang lain atas diri kita dengan membekali diri dengan keiman kepada Allah, pengetahuan dan ilmu yang benar. Agar kita tidak zalim kepada diri kita, mulai sekarang ada baiknya kita mulai memperbaiki diri dengan semakin medekatkan diri kepada Allah, jadikan Ia sebagai sandaran dan iman sebagai pegangan.

Wallahu’alam semoga bermanfaat

^_^

DSC09007

Advertisements

One thought on “Diriku bukan Miliku Semata

  1. ncep, komen dunk tulisan ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

January 2013
M T W T F S S
« Nov   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Terpopuler

Arsip

Anda pengunjung ke-

  • 25,383 hits

Friend

Ngobrol

The Big DayAugust 1st, 2012
Semangat Ramadhan!!! Bentar lage Milad. Bagaimanakah memaknai bertambahnya umur?

Black Orchid and The Death

var nulisbukwidgetid="black-orchid-the-death";http://nulisbuku.com/application/assets/js/widget/mainwidget.js

%d bloggers like this: