Respirasi: Respirasi Aerob

5

July 26, 2012 by Keikoalkayyisah


24 Juli 2012

RESPIRASI : Respirasi Aerob

 

Seperti malam – malam sebelumnya, mata ku enggan untuk menutup

Tanganku begitu asyik memainkan tuts dikey board laptopku

Namun, tangan ini bagai tak terarahkan

Hendak apa dia ini?

Jangankan tangan, bahkan aku sendiri tak terarah

. . .

Hm. . . aku tak tau ingin nulis apa lage. Tiba – tiba saja aku buka status kawan di jejaring social

“kau membuat aku harus menghafal, fistum.” Kurang lebih seperti itu. Aku sedikit kaget sech ama status dia, “emang mau ngapain besok ko’ nge-hafal?” Tanya pada diri sendiri yang tak mungkin kan terjawab. Karena penasaran aku tanya sama kawan aku itu. Hm. . .ternyata, besok quis. . .aiaiaiiai. . .ya saman. . ., matei anak muda. Dengan sedikit tak percaya aku mulai nyari literature tentang respirasi sel. Selesai! Dapat sudah literature tentang respirasi, niat mau mempelajari itu semua literature, ternyata semua itu hanya sebatas niat, aku tertidur pulas didepan laptop.

                Ha. . . payah emang aku ini ya? Akhirnya pagi – pagi pun tak ada waktu buat belajar dulu sebelum ke kampus, karena aku harus beres – beres kos, piket girls! Dengan kecepatan super ku selesaikan semua tugas piket aku, dengan terburu – buru aku bersiap – siap ke kampus. E. . .saat sedang buru – buru berjalan mau cari angkot ke kampus, aku teringat sesuatu. Ya saman. . .buku aku tertinggal, laptop tak bawa, sudah akhirnya hanya bermodal catatan dari dosen yang bisa ku pelajari sambil menunggu dosen nanti di kampus.

                08.05 WIB, kurang lebih aku sampai kampus, untung dosen belum masuk. Aku berjalan menuju bangku dibelakang, inginnya duduk didepan tapi uda penuh boy! Sambil berjalan, tangan ini jail juga ternyata, sempat- sempatnya ngambil buku temen aku yang sedang tergeletak tak berguna diatas bangku. Hehhee. . .sempet dijeliti juga sama kawan aku itu. Aku gomong aja, “pinjem.” Dengan memasang wajah sok serius. E. . .dipinjemin dech.

                Ku buka lembar demi lembar. Ya Allah, apalah semua ini???????????????????????????

Yah, berbicara soal respirasi maka kita akan berbicara tentang katabolisme (perombakkan senyawa dengan molekul besar menjadi senyawa dengan molekul – molekul kecil) yang paling penting dalam menghasilkan energi pada setiap sel. Respirasi merupakan pemecahan molekul karbohidrat secara oksidatif menjadi CO2 dan air (Lakitan, 2010). Dari sumber lain disebutkan bahwa respirasi merupakan proses pemecahan bahan organic menjadi anorganik dan melepaskan sejumlah energy (reaksi eksergonik). Energy yang lepas itu digunakan untuk membentuk adenosine trifosfat (ATP), yang merupakan sumber energy untuk seluruh aktivitas kehidupan.

Respirasi sebagian besar terjadi didalam mitokondria. Proses respirasi terjadi dalam tiga tahapan yaitu glikolisis, siklus krebs, dan oksidasi terminal atau biasa disebut transpor electron .

Ø  Glikolisis, merupakan rangkaian reaksi untuk mengkonversi glukosa, glukosa-1-P, dan fruktosa (6 atom C) menjadi asam piruvat (3 atom C) pada sitosol. Gula yang diurai adalah heksosa. Reaksi ini menghasilkan 2 NADH dan 2 ATP.

 

Ø  Siklus krebs, sebenarnya sebelum siklus krebs terdapat satu tahapan yaitu dekarboksilat oksidatif yang berlangsung di matriks mitokondria. Pada langkah ini 2 molekul asam piruvat yang terbentuk pada glikolisis masing – masing diubah menjadi asetil ko-A (asetil koenzim A) dan menghasilkan 2 NADH. Setelah ini baru memasuki tahapan siklus krebs (daur krebs) yang juga terjadi didalam matriks mitokondria. Pada akhir siklus dihasilkan 6 NADH, 2 FADH, dan 2 ATP.

 

Ø  Transport electron, prinsipnya setiap pemindahan atom H(electron) pada dua tahapan sebelumnya antar akseptor dihasilkan energy yang digunakan untuk membentuk ATP. Setiap molekul NADH yang teroksidasi menjadi NAD akan melepaskan energy yang akan membentuk 3 molekul ATP. Sedang oksidasi FADH menjadi FAD menghasilkan energy untuk membentuk 2molekul ATP.

Jadi, satu mol glukosa keseluruhan akan menghasilkan 38 ATP. Namun, dalam sumber lain menyebutkan bahwa hasil keseluruhan adalah 36 ATP, Karena NADH pada proses glikolisis akan menghasilkan 2 ATP, sehingga keseluruhan yang dihasilkan pada proses glikolisis  6 ATP berasal dari 2 NADH dan 2 ATP. Sedang pada siklus krebs NADH menghasilkan 3 ATP sehingga keseluruhan dari siklus krebs adalah 30 ATP, berasal dari 2 ATP, 3 FADH yang menjadi 6 ATP dan 8 NADH yang menjadi 24 ATP.

       Untuk hal in ada baiknya ditanyakan pada pengajar masing – masing, soalnya saya juga belum bertanya dengan dosen saya. He. . .

Tahapan respirasi diatas merupakan tahapan respirasi aerob yaitu respirasi yang membutuhkan O2, sedang ada respirasi yang tidak memerlukan O2, yang disebut respirasi anaerob seperti fermentasi.

Ui agak cenut – cenut juga ne kepala, belajar dengan kecepatan super. . .

Hm. . .dosennya datang kawan. . .ai.  . .kekuatan do’a yang bisa membantuku saat ini. Lalu, my dosen menuliskan soal di papan tulis. Dua soal, ya Cuma dua soal dan kedua – duanya tidak ada tentang glikolisis, siklus krebs atau transport electron. Ya ara. . .agak sedikit cekikikan juga dalam hati, gimna tidak uda berfikir keras untuk mencerna tu proses katabolik ternyata tak keluar. Tau g’ do’a soal itu apa?

1.        Apa perbedaan dari respirasi dan fotosintesis?

2.       Dipergunakan untuk apa energy dari proses resppirasi?

Bersyukur juga dalam hati, hehehhe. . .

Respirasi dan fotosintesis memang jauh berbeda kawan, kalau respirasi merupakan proses katabolisme, sedangkan fotosintesis merupakan proses anabolisme yaitu membentuk senyawa yang memiliki molekul besar dari senyawa yang memiliki molekul – molekul kecil. Yaitu dari CO2 dan H2O menjadi C6H12O6 dan O2 kebalikan dari respirasi. Selain itu, respirasi terjadi di mitokondria sedang fotosintesis terjadi di kloroplas. Aku itu jawabnya, he. . .selain itu sebenarnya ada lagi yaitu bila katabolisme bersifat eksergonik (menghasilkan energy) sedang anabolisme bersifat endergonik (membutuhkan energy).

       Sedangkan energy yang dihasilkan dari proses respirasi secara umum emang digunakan untuk seluruh aktivitas kehidupan, seperti pertumbuhan, perkembangan, reprodksi, pemulihan luka, dll.

5 thoughts on “Respirasi: Respirasi Aerob

  1. are you studying in medical field?

  2. apryza says:

    gue gw suka gaya lu ngomong..wkwkw

Leave a Reply

Kalender

July 2012
M T W T F S S
« Jun   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Terpopuler

Arsip

Anda pengunjung ke-

  • 25,383 hits

Friend

Ngobrol

The Big DayAugust 1st, 2012
Semangat Ramadhan!!! Bentar lage Milad. Bagaimanakah memaknai bertambahnya umur?

Black Orchid and The Death

var nulisbukwidgetid="black-orchid-the-death";http://nulisbuku.com/application/assets/js/widget/mainwidget.js

