Kuliah Pertama di SP : Fisiologi Tumbuhan ( Mengenal Sel Tumbuhan)

1

July 6, 2012 by Keikoalkayyisah


Toeng!
Kuliah jam 08.00 WIB, ku lirik jam di hp.
Hua. . .telat aku.
Tiba – tiba hp ku berbunyi, ku baca sms yang masuk.
“Masuk, cepet o!”
Ha. . .
Sms dari kawan sekelasku, Rizky semakin membuat aku kelabakan dalam hati aku memaki diriku sendiri.
He. . .karena terlalu sering telat jadi aku pun memaki diri sendiri.
Hm. . .untungnya sesampainya di kampus dosennya lage g’ ada ditempat.
“Alhamdulillah.  . .” (ucapku dalam hati)
E. . .belum juga aku duduk, kawan ku sudah ngasih tau untuk ambil soal di meja dosen. Mata ku terbelalak saat membaca soal ujian itu.
“Gile MID?” (teriakku dalam hati, so pasti g’ ada yang bisa denger tu teriakkan), tapi aku senyum – senyum aja liat tu soal.
(ekspresi muka dengan hati nurani yang g’ sinkron).
Yah, ku duduk dengan terus memandangi tu soal, dengan santai aku menjawab tu soal – soal.
“Ai kacau. . .kenapa mid dadakan?kuliah aja belum!”

Tak lama aku mengerjakan soal – soal tiba – tiba dosenku dateng,
“Ini hanya pre-test”, katanya

Yuhu!!! Alhamdulillah. . .(kembali aku berteriak yang pasti didalam hati saja)
wkwkkwkwkk

Kemudian kami dibagikan 4 lembar kertas yang berisi gambar sel, kloroplas, mitokondria dan membran. Ai. . .mantab belajar sel tumbuhan lage.
Satu – persatu ingatan tentang sel menghampiri otakku.
Yuk ingat bareng – bareng!
He. . .

Ini nech gambar sel yang diberikan ama dosen tadi.  Liat aja tu gambar, hm. . .begitu rumit susunan sel itu, bagian – bagian yang tersusun dan didalam sel yang kecil itu terdapat lage organela – organela. Subhanallah sunggu Maha Besar Allah dengan ciptaan-NYA.
Yups, sel tumbuhan itu tersusun dari dinding sel, membran sel (membran plasma), cairan sel, inti sel, dan organela – organela.
Nah, ada beberapa yang membedakan sel tumbuhan dengan sel hewan dan manusia. Ada beberapa yang terdapat ditumbuhan tetapi tidak terdapat di sel hewan dan manusia. Pertama, dinding sel. Hanya sel tumbuhan yang memiliki dinding sel. Dinding sel ini berfungsi untuk membantu mempertahankan bentuk sel dan melindungi sel dari kerusakkan. Kedua, didalam sel tumbuhan terdapat organela yang tidak terdapat pada hewan dan manusia yaitu Kloroplas.
Organel ini merupakan tempat terjadinya fotosintesis. Gimana ya kalau manusia punya kloroplas?hehehhe. . .
ngaco!

Ok lanjut!!!
Gambar kedua!

Ya, ini adalah organela kloroplas!!!
Liat tu warnanya hijau. . .tau kenapa?
Yups! Karena mengandung klorofil pigmen hijau, sesuailah dengan fungsinya sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Didalam kloroplas sendiri memiliki bagian – bagian yaitu stroma, tilakoid, grana, stroma lamella, membran, dan lumen. Seperti sel, kloroplas juga memiliki membran yang biasa disebut dengan fosfolipid bilayer atau membran dua lapis. Ok, sekilas kita bahas satu persatu.
Stroma, merupakan cairan yang terdapat didalam kloroplas.

Advertisements

One thought on “Kuliah Pertama di SP : Fisiologi Tumbuhan ( Mengenal Sel Tumbuhan)

  1. lanjutin besok ya!!!
    ngantuk!!!
    ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

July 2012
M T W T F S S
« Jun   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Terpopuler

Arsip

Anda pengunjung ke-

  • 25,383 hits

Friend

Ngobrol

The Big DayAugust 1st, 2012
Semangat Ramadhan!!! Bentar lage Milad. Bagaimanakah memaknai bertambahnya umur?

Black Orchid and The Death

var nulisbukwidgetid="black-orchid-the-death";http://nulisbuku.com/application/assets/js/widget/mainwidget.js

%d bloggers like this: